KBB#17: Curry Beef Pie

Surat cintaku yang ke-17 telah tiba.. dan tantangannnya adalah Savoury & Lattice Pie!! Huaaaa… apa pula ini? hihihihi cukup bikin penasaran dan deg-degan, apalagi membaca resep yag dilampirkan.. totally ga kebayang seperti apa bentuknya. Namun KBB ga mungkin kasih mission impossible dun, dan terbukti ternyata lattice pie itu adalah bentuk pie yang paling umum.. cuma selama ini ga ngeh kalau itu diisebut sebagai lattice hihihi *ngelesmodeon*

Pengakuan aja, sebenarnya beberapa minggu belakangan memang lagi tergila-gila dengan pie asin.. mulai dari yang ala bolognese, spinach, ham and chesse.. pokoknya lagi ketagihan banget dan memang rencana pengen main ke miss google untuk minta resepnya.. Eh ternyata memang berjodoh, malah masuk ke tantangan kali ini.. Amien!

Tantangan ini mengutamakan bentuk lattice-nya dan yang terpenting isinya harus asin..  Berhubung keluarga sangat amat doyan dengan makanan yang berempah, maka kali ini aku mencoba membuat isi pie dengan menggunakan bumbu kari.

Bahannya cukup sederhana yaitu:

2 buah kentang rebus, kupas dan haluskan, 200gr daging giling, 2 bh wortel iris bulat, jamur champignon,  1 bh bawang bombay -cincang, 4 siung bawang putih,

1 sdt bumbu curry bubuk secukupnya, garam, merica bubuk, 1 sdt gula pasir dan daun bawang

aku menambahkan kismis dan keju untuk menambah sensasi rasa hihihi apaan siy…

untuk kulitnya menggunakan Edo pastry, tepung terigu untuk taburan

Cara membuat:

Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukan daging giling. Aduk hingga berubah warna.

Masukan wortel yang sudah diiris, kemudian jamur. Setelah agak layu, bubuhkan garam, merica, bumbu curry dan gula pasir secukupnya. Kemudian tambahkan kentang yang sudah dihaluskan (fungsinya agar adonan isi tidak berantakan :)) dan terakhir masukan bawang daun. Sisihkan.

Bahan Kulit:

Gelar kulit pastry siap pakai di atas meja yg sudah dilapisi plastik dan ditaburi terigu. giling hingga tingkat ketipisan yang dirasa cukup (nah loh). Potong kulit pie dan taruh di dasar loyang pie yang sudah diolesi mentega tipis-tipis. tekan2 untuk memastikan kulit pastry tidak mengambang.

potong2 kulit pastry selebar 1 – 1.5 cm secukupnya. (kemudian aku masukan sebentar kedalam kulkas sekitar 30 menit agar tidak terlalu lembek untuk dianyam)

Setelah bahan isi dituangkan kedalam loyang, mulai atur satu persatu kulit pastry yang sudah dipotong memanjang tersebut. Pertama di tata vertikal, kemudian selang seling dilipat keatas untuk ditaruh kulit dengan posisi horizontal dibawahnya. lanjutkan sampai seluruh permukaan tertutup.

Finishing: olesi seluruh permukaan dengan kuning telur, taburi keju parmesan parut bila suka. Masukkan ke oven dengan panas + 200C selama 20 – 30 menit. Pastikan oven sudah cukup panas, jika tidak maka pastry akan sulit mengembang.

Voila… jadilah Curry Chicken Pie!!

Advertisements
KBB#17: Curry Beef Pie

2 thoughts on “KBB#17: Curry Beef Pie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s