Brownies Kukus Ketan Hitam

  Akhir-akhir ini, sangat keranjingan membuat brownies kukus ketan hitam. Teksturnya lembuuttt, ditambah rasa ketan item yang khas. Kayaknya bisa habis seloyang sendiri nih 😋 

Sebulan ini aja udah bikin 3 kali akhir pekan, ntah karena ada kekahan, makan sendiri sampai pesanan orang. Jadi mikir akan masuk kedalam daftar menu andalan kukie bites nih… *teteup mikir dagangan 

Tidak hanya enak, ketan hitam juga punya beragam manfaat loh…. Misalnya mengandung zat anthocyanin yang bisa melindungi tubuh dari beragam zat berbahaya yang bisa merusak sel, untuk kesehatan kulit, dll. Tambah cinta kan sama ketan item… Rasanya pengen bikin tiap hari. Mulai lebay…. 😁

Tapi rasanya kalau boleh jujur, Sebenarnya ada yang masih ganggu, dikarenakan penampilannya yang sangat sederhana, kira2 toping yang pas untuk brownies ini apa ya? Kemarin coba pakai keju dan coklat kok belum pas…. Ada yang punya ide kah?

Dan hal lain yang mengganggu, kalau diterjemahkan ke bahasa Inggris kok jadi ribet dan panjang ya? Hihihi

Brownies Kukus Ketan Hitam (black sticky rice steam cake)

Resep dari mba Hesti

– 250 gr tepung ketan hitam
– 200 gr gula pasir (dikurangi 2 sdm maklum ga doyan manis)
– 200 gr minyak goreng
– 6 butir telur
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt vanili
– 2 sdm susu kental manis

Cara membuat : 

  1. Panaskan kukusan dengan api sedang cenderung tinggi. Olesi loyang dengan margarin dan beri ayakan tepung. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula dengan mikser hingga mengembang dan kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata lagi hingga kental berjejak. Turunkan speed hingga paling rendah. Masukkan susu kental manis, kocok rata.
  3. Masukkan tepung ketan hitam (yang sudah diayak) ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula besar.
  4. Masukkan minyak goreng, aduk balik sampai rata dengan spatula. Pastikan minyak sudah tercampur rata. 
  5. Tuang dalam loyang 20 cm (aku pakai loyang tulban). Kukus  selama kurang lebih 30 menit.
  6. Angkat dan dinginkan. Potong potong dan siap disajikan.

PS. Berhubung ini berbahan dasar ketan, jadi ga awet lama. Maksimal 2 hari… 

Advertisements
Brownies Kukus Ketan Hitam

Tuna Macaroni Schotel

20150114-235633-86193808.jpg

Kayaknya ga perlu dijelasin lagi, enaknya tuna bercampur macaroni dan keju terus dipanggang… Dijamin setengah loyang bisa habis tanpa kerasa *elus2 perut…

Sebenarnya udah lama banget pengen bikin yang namanya tuna macaroni, tapi ntah kenapa kok malasnya banget banget ya.. Hari ini, Kebetulan lagi di challenge sama neng Anggieta, plus bahan2 lagi komplit.. Ya udah kita tuntaskan saja, dan ternyata ga nyesel… Ini enaakkk pisan…

Berikut resepnya:
200 gr macaroni, rebus
400 ml susu cair
4sdm tepung terigu
4 butir telur kocok lepas
185 gr tuna kalengan atau segar
1/2 bawang bombay iris halus
2 bawang putih cincang halus
4-5 sdm saos tomat (tergantung selera)
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm oregano
150 gr keju cheddar parut
minyak / margarin untuk menumis

Cara membuat:
tumis bawang bombay hingga harum, masukkan bawang putih, masukan oregano lalu tuna, aduk hingga matang
Masukkan terigu, aduk hingga matang
Tuangi susu sambil terus diaduk karena sebentar saja akan langsung mendidih dan mengental. Matikan api.
Masukkan saos tomat, keju parut, bumbui dengan garam dan merica.
Masukkan macaroni, aduk hingga merata, kemudian masukkan telur kocok , aduk kembali.

Tuang ke dalam loyang yang telas dioles magarine tipis2, taburkan keju parut di atasnya. Panggang hingga matang kurang lebih 30 menit…

Jika suka setelah adonan tuna macaroni bisa ditambahkan saos bechamel (saos keju) panggang hingga setengah matang, lalu tabur keju parut dan dipanggang lagi. Pasti rasanya keju bangett!!

Tuna Macaroni Schotel

Pukis, jajananku

20140308-001722.jpg

Berawal dari postingan photo dan resep kue pukis mba Elsye, langsung terusik untuk coba juga. Apalagi punya loyang kue lumpur yang dianggurin begitu aja..

Mengingat si penjualnya dulu pernah bilang kalau loyang tsb multi fungsi, nah mari kita coba.

Ini dia resepnya:

Resep Kue Pukis
Sumber : Kitab Masakan

Bahan :
250 gr tepung terigu
1 sdt ragi instan
4 btr telur
200 gr gula pasir
300 ml santan (diganti jd 200 ml susu cair + 100 ml margarin leleh)
3 sdm margarin untuk olesan
Meises
Keju parut untuk taburan

Cara membuat :
Campur tepung dan ragi aduk rata sisihkan. Kocok telur gula sampai kental dan mengembang. Masukan terigu sedikit demi sedikit. Tambah susu dan margarin leleh aduk rata.
Diamkan adonan selama 30 menit.
Panaskan cetakan pukis dan oles margarin. Tuang adonan dlm cetakan hingga 3/4 nya.
Taburkan meises dan keju sesuai selera, hidangkan panas.

Note: kalau mau ganti margarine dengan butter, lebih baik yg salted butter atau unsalted tp dikasih sedikit garam. Supaya ada gurih2nya dikit…

Mudah kok membuatnya… Bisa banget untuk dijadikan opsi bekal anak atau bawaan arisan ☺️

Selamat mencoba!

Pukis, jajananku

Cinnamon Apple Cake

satu lagi cake mudah meriah, lumayan buat cemilan sore or bawaan arisan hehehehe

Bahan

200 gr margarin

150 gr gula pasir (biasanya aku kurangin sktr 50 gr supaya ga kemanisan)

4 kuning telur

120 gr tepung terigu

1/2 sdt baking powder

1/4 sdt soda kue

4 putih telur kocokkaku

200 gr apel fuji, potong dadu 1cm

gula pasir halus + bubuk kayu manis untuk taburan

Cara membuat

  • Margarin + gula pasir dikosok hingga lembut. masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga lembut
  • masukan tepung terigu, baking powder dan soda kue sambil diayak, aduk rata
  • tambahkan putih telur kocok, sambil diaduk perlahan. tambahkan apel
  • tuang adonan kedalam loyang yg sudah diolesi mentega dan dialas kertas roti. Taburkan bubuk kayu manis dan gula pasir, kemudian oven selama 35 menit dengan suhu 160 C

selamat mencoba…. 🙂

Cinnamon Apple Cake

Bread Butter Pudding a.k.a puding roti nyam2

This pudding is very easy and simple to make, all you need is a spare bread, milk and butter..  you can create this pudding steamed or baked. Served warm and enjoy the melted butter in your mouth hmmmm yummmm!!

Bahan:
10 lbr  Roti tawar (lebih suka roti yg tebal dan berkulit, karena lebih terasa rotinya 🙂

600 ml susu cair

5 btr telur

100 gr guka pasir

75 gr margarine – cairkan

¼ sdt vanili

bubuk kayu manis – bisa diganti dengan bubuk kopi

kismis/kenari cincang

 

How to make:

  • Rendam roti hingga hancur dan larut – kurang lebih 20 menit
  • Kocok telur dan gula pasir hingga larut
  • Masukan adonan roti + telur, tambahkan vanili dan margarine cair. Aduk rata.
  • Tuang dalam Loyang yang sudah diolesi margarine.
  • Taburi bubuk kayu manis/kopi dan kismis
  • Adonan siap dikukus/panggang selama + 20 menit
  • Sajikan hangat

 

Note:

–          jika ingin berbeda, bisa ditambahkan apel fuji yang sudah dipotong dadu kecil2 kedalam adonan + bubuk kayu manis secukupnya.

–         Kismis bisa diganti dengan choco chips, ditaburkan setelah adonan setengah matang agar tidak terlalu meleleh.

Bread Butter Pudding a.k.a puding roti nyam2